Read more at: http://indo-netional.blogspot.com/2012/07/menampilkan-judul-saja-di-homepage.html Copyright http://indo-netional.blogspot.com/ Under Common Share Alike Atribution

Selasa, 29 Januari 2013

Unsur

Pengertian Unsur

Untuk memahami pengertian tentang unsur, cobalah anda perhatikan benda-benda yang ada di sekitar. Benda-benda yang ada di dunia ini baik padat, gas maupun cair merupakan materi, karena mempunyai massa dan menempati ruang. Untuk dapat mengenali materi di sekitar tidaklah sulit, anda dapat menggunakan panca indra yang anda miliki, seperti menggunakan tangan untuk meraba materi berbentuk padat maupun cair, dan menggunakan indra penciuman untuk mengenali materi berupa gas. 
Materi dapat pula dikatakan zat, karena keduanya sama-sama mempunyai massa dan menempati ruang. Namun, pernahkah anda membayangkan apa yang membentuk materi-materi di sekitar anda? karena jika anda perhatikan, materi yang kelihatannya tersusun atas zat yang sama dan seragam, ternyata ada pula materi yang tersusun atas berbagai macam zat yang tidak seragam. Materi yang tersusun atas berbagai zat yang tidak seragam biasa disebut sebagai senyawa ataupun campuran. Sementara materi yang tersusun atas zat tunggal yang seragam, itulah yang dinamakan dengan unsur. Contoh, air adalah merupakan materi berupa senyawa yang terdiri atas dua atom hidrogen dan satu oksigen, sehingga membentuk rumus kimia air H2O. Karena air merupakan senyawa yang masih bisa diurai yaitu hidrogen dan oksigen, maka air bukanlah unsur. Lalu, apa sebenarnya itu unsur? 
Untuk memahami unsur, coba anda perhatikan kembali rumus kimia air yaitu H2O, maka jika air diurai melalui reaksi kimia, maka didapatlah hidrogen dan oksigen, dan itulah yang disebut dengan unsur, yakni unsur hidrogen, dan unsur oksigen, karena antara hidrogen dan oksigen tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat lain yang lebih sederhana melalui reaksi kimia sederhana. Jadi, Unsur adalah zat tunggal yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat lain yang lebih sederhana melalui reaksi kimia sederhana.
Di alam terbuka, hanya beberapa unsur yang berdiri sendiri sebagai zat tunggal, selebihnya unsur-unsur tersebut bereaksi dengan unsur lainnya membentuk senyawa maupun campuran.
Berikut beberapa unsur yang umum dikenali:

No Unsur No Unsur
1 Aluminium 23 Kobalt
2 Antimon 24 Kromium
3 Arsen 25 Litium
4 Barium 26 Magnesium
5 Belerang 27 Mangan
6 Berilium 28 Merkuri
7 Besi 29 Natrium
8 Bismut 30 Nikel
9 Boron 31 Nitrogen
10 Brom 32 Oksigen
11 Emas 33 Perak
12 Fluor 34 Platina
13 Fosfor 35 Radium
14 Helium 36 Seng
15 Hidrogen 37 Serium
16 Iodin 38 Sesium
17 Iridium 39 Silikon
18 Kadmium 40 Tembaga
19 Kalium 41 Timah
20 Kalsium 42  Timbal
21 Karbon 43 Tungsten
22 Klor 44 Uranium


Pada kondisi normal, banyak di antara unsur ini berupa benda padat, seperti tembaga, emas, besi, dan timbal. Merkuri atau yang lebih dikenal dengan nama air raksa dan brom merupakan contoh unsur yang berwujud cair. Oksigen dan nitrogen adalah contoh unsur yang berupa gas.

Berikut ini delapan jenis unsur yang membentuk hampir 99% bagian kerak bumi.

Unsur Persentase (%)
Aluminium 8,1
Besi 5
Kalium (potasium) 2,6
Kalsium 3,6
Magnesium 2,1
Natrium 2,9
Oksigen 46,6
Silikon 27,7
Unsur-unsur lainnya 1,4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar